Nissan X-Trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik di 2016

Opini, motivasi dan review dari Mas Bocah

Mas Bocah

Nissan X-Trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik di 2016

Nissan X-Trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik di 2016 - Kendaraan roda empat sering kali menjadi sebuah pilihan sebagai sarana transportasi, khususnya ketika sedang ingin melakukan perjalanan jauh. Menghindari panas atau hujan, bisa memuat banyak barang, serta soal kenyamanan sering kali menjadi alasan mengapa orang lebih memilih kendaraan ini.

Bukan hanya digunakan untuk bepergian di area perkotaan saja, tetapi mobil juga sering kali digunakan untuk berbagai keperluan lain termasuk berwisata ataupun mudik, yang mana aktivitas mudik ini terkadang mengharuskan kita untuk melakukan perjalanan dengan jarak hingga ratusan kilometer jauhnya, serta sering kali harus melalui medan menanjak, atau menurun dan berliku yang cukup melelahkan. Sehingga, kita patut untuk mempertimbangkan untuk memilih mobil berjenis SUV, yang sekiranya cukup tangguh dan nyaman agar perjalanan terasa lancar.

Nissan X-Trail Mobil SUV Tangguh Dan Sporty
Nah, salah satu mobil SUV yang menjadi pilihan favorit bagi konsumen di Indonesia adalah Nissan All New X-Trail! Mengusung desain yang jauh berbeda dari versi sebelumnya, Nissan All New X-Trail hadir dengan tampilan yang lebih gagah serta terkesan tangguh dan sporty.

Ya, mobil ini memang sudah lama menjadi primadona di pasar SUV berkat kenyamanan serta performanya yang handal, dan kini, berkat tampilan desain eksterior baru yang diusungnya membuatnya semakin diperhitungkan. Tentu, Nissan tidak menempatkan kendaraan ini di kelas Sport Utility Vehicle dengan hanya berbekal tampilan eksteriornya saja, tetapi ia juga didukung dengan berbagai fitur serta performa yang mumpuni.

Performa


Nissan All New X-Trail yang dipasarkan di Indonesia memiliki 3 buah varian yang membedakan dari sisi kapasitas mesin serta transmisi. 2 varian pertama mengusung mesin dengan kode MR20DD berkapasitas 2000cc, 4 silinder DOHC dengan pilihan transmisi manual (6 speed) atau CVT. Sementara 1 varian lain tersedia dengan pilihan transmisi CVT dengan mengusung mesin QR25DE berkapasitas 2500cc 4 silinder DOHC.

Pilihan transmisi Nissan X-Trail
Meski berbekal mesin berkapasitas besar, namun Nissan telah merancangnya sedemikian rupa agar tetap mampu memberikan efisiensi bahan bakar yang baik. Pilihan transmisi manual, memudahkan pengemudi untuk urusan akselarasi, sedangkan transmisi CVT (Continously Variable Transmission) akan menyajikan performa yang mulus namun tetap memberikan tenaga yang optimal.

Fitur


Tidak lupa, Nissan juga menyematkan beberapa fitur andalan yang akan membantu memudahkan pengemudi dalam urusan kontrol, sebut saja Hill Start Assist, Active Engine Breaking dan juga Active Ride Control.

Fitur Nissan X-Trail
Hill Start Assist akan memudahkan kita ketika sedang berhenti di tanjakan. Keadaan seperti ini memang agak sedikit membutuhkan kecekatan agar mobil tidak mundur ketika pengemudi melakukan perpindahan dari pedal rem ke pedal gas. Nah fitur tersebut akan membantu pengemudi, dimana Hill Start Assist akan membantu mengerem selama beberapa detik sehingga dapat memberikan waktu bagi pengemudi untuk berpindah dari pedal rem ke pedal gas untuk melakukan akselarasi.

Lalu ada Active Engine Breaking (untuk transmisi CVT) yang akan membantu "pengereman mesin" sehingga proses berhenti akan terasa semakin halus. Sedangkan Active Ride Control akan membantu mengatur pengereman dan torsi mesin ketika melewati polisi tidur, sehingga proses melewatinya akan terasa lebih halus. Hasilnya, kenyamanan akan lebih dirasakan oleh para penumpang yang ada di dalamnya.

Arround View Monitor

Untuk memudahkan pengendara dalam urusan parkir, Nissan All New X-Trail juga telah dilengkapi sebuah vitur yang diberi nama Arround View, dimana dengan fitur ini kita dapat melihat keadaan sekeliling pada monitor yang terdapat di dashboard.

Tidak hanya akan menunjukkan keadaan di bagian belakang saja, tetapi Arround View Monitor juga akan menunjukkan gambar dari atas dengan teknologi Bird-eye view. Tentu ini akan semakin mempermudah pengendara khususnya ketika akan memarkir atau menempatkan kendaraan di area yang sempit. Tetapi bagaimana bisa monitor menunjukkan keadaan dari atas mobil?

Fitur yang dimiliki X-Trail
Mobil ini memiliki 4 buah kamera wide-angle yang ditempatkan di bagian depan, belakang, serta sisi kanan dan kiri, plus beberapa sensor yang juga ditempatkan di sekeliling mobil. Nah tampilan video yang diambil dari keempat kamera tadi akan diproses sedemikian rupa, hingga nantinya monitor dapat menampilkan gambar keadaan sekitar secara virtual, yang seakan menunjukkan bahwa gambar tersebut diambil dari atas mobil. Canggih, ya?

Desain


Dari sisi eksterior, terlihat bahwa All New X-Trail mengusung desain yang modern dan stylish. Terkesan agresif, dan sporty, namun tetap bergaya. Di bagian lampu depan terlihat sangat futuristik dan berkarakter, dipercantik dengan desain grill baru serta body yang aerodinamis, membuat siapapun yang mengendarainya jadi lebih percaya diri.

Desain Exterior Nissan All New X-Trail
Sisi interior pun tak mau kalah. Kesan mewah sangat terasa dengan dominasi warna hitam di bagian kabin. Driver Assist Display yang dimilikinya nampak sangat eye-catching serta mampu menyajikan beragam informasi seputar kendaraan dan perjalanan dengan sangat baik.

Di bagian muka, kita juga dapat menemukan berbagai kontrol serta sebuah monitor yang akan menampilkan "Arround View", sebuah fitur yang sebelumnya sudah kita bahas. Tempat duduk yang nyaman, lega, serta dapat memuat banyak orang bukan hanya dapat memberikan kenyamanan yang lebih bagi para penumpang, tetapi juga menjadikan All New X-Trail lebih valuable.

Desain Interior Nissan X-Trail
Bahkan, Nissan juga sudah menyematkan fitur Dual Zone Auto Climate Control, yang mana sistem pendingin ruangan (AC) akan terbagi menjadi 2 zona yang masing-masing suhu udaranya dapat disesuaikan dengan keinginan, atau di set agar mobil dapat mengaturnya secara otomatis.

Cargo


Sebagai salah satu mobil SUV terbaik di Indonesia, Nissan All New X-Trail memiliki beberapa tambahan fitur lain yang membuatnya semakin valuable, salah satunya adalah dari sisi cargo alias bagasi. Kursi belakangnya tidak hanya dapat dilipat, tetapi ia juga memiliki sebuah ruang ekstra bagasi Under Wraps (dibawah panel penutup lantai) untuk menyimpan ban cadangan serta tool kit dengan rapi, sehingga kita bisa memanfaatkan ruang bagasi yang ada diatasnya dengan lebih maksimal.

Panel atau lantai penutup di bagian bawah dibuat mendatar untuk memberikan ruang bagasi yang makin lega, plus terdapat juga sebuah lapisan tambahan diatasnya dengan memasang Tonneau Cover agar kita bisa menempatkan barang bawaan dengan lebih rapi.

Bagasi Nissan All New X-Trail
Canggihnya, pintu belakang yang digunakan untuk mengakses bagasi memiliki Hands Free (Touchless) Back Door System, yang mana kita dapat membuka pintu tersebut hanya dengan menyentuh tombol di Dashboard. Kita masih bisa membukanya menggunakan 2 cara lain yakni dengan menggunakan Intelligent Key, atau melakukan sentuhan kecil pada sensor yang terdapat di panel pintu bagasi. Jelas, ini akan semakin mempermudah urusan kita, bukan?

Keamanan


Tak lengkap rasanya jika sebuah mobil handal tak dibekali dengan sistem keamanan yang mumpuni. Untunglah, Nissan telah menyematkan berbagai fitur untuk mendukung keamanan baik bagi pengendara, penumpang, maupun mobil itu sendiri. Sebut saja Arround View monitor serta Hill Start assist yang sudah saya jelaskan diatas.

Nissan juga telah membekali mobil SUV yang nampak sporty ini dengan beberapa fitur keamanan lain yang mendasar, termasuk salah satunya adalah Anti-lock Braking System atau biasa disingkat sebagai ABS. Fitur ini sangat penting peranannya, khususnya ketika kita mengendarai mobil dalam kecepatan tinggi, yang mana ia akan membantu mencegah agar ban tidak mengunci ketika kita melakukan pengereman mendadak.

Sistem keamanan memadai
Perlu diketahui bahwa ban yang mengunci ketika mengerem (apalagi dalam kecepatan tinggi) dapat membuat pengendara kehilangan kontrol pada mobilnya, sehingga mobil akan sulit untuk dikendalikan. Nah dengan disematkannya fitur ini, sangat memungkinkan bagi pengendara untuk melakukan kontrol dan mengambil manuver untuk menghindari benturan terhadap objek yang ada di depannya. Fitur-fitur lain termasuk Dual SRS Airbag, Immobilizer juga tak lupa disematkan pada mobil ini.

X-Trail Hybrid


Ini adalah salah satu hal yang bisa dibilang sangat menarik, dimana Nissan menghadirkan All New X-Trail versi CVT Hybrid untuk pasar Indonesia, yang mana itu artinya ia merupakan mobil SUV pertama di kelasnya yang mengusung teknologi tersebut. X-Trail Hybrid bahkan menawarkan sesuatu yang lebih valuable bagi sang pemilik. Tidak hanya tangguh, nyaman, serta serbaguna, tetapi dengan dihadirkannya teknologi ini, ia juga menawarkan sebuah efisiensi yang lebih baik, khususnya pada penggunaan bahan bakar yang sekaligus juga membuatnya lebih ramah lingkungan.

Paduan antara mesin MR20DD 2.0L plus Electric Motor dapat menghasilkan tenaga hingga 178.1 PS, namun tetap halus atau nyaris tanpa suara, plus dapat lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Electric Motor pada mobil ini mengusung teknologi Intelligent Dual Clutch Control, yang mana 1 motor listrik yang digunakannya akan berperan ganda. Bukan hanya untuk menggerakkan roda, tapi sekaligus juga dapat menghasilkan listrik.

Nissan X-Trail Mobil SUV Hybrid
Kedua sumber penggerak roda ini dapat berkerja secara bergantian ataupun bersamaan, tergantung pada kebutuhan dari sang pengemudi. Mesin bensin akan bekerja ketika pengendara menginginkan akselarasi yang baik, sementara mobil akan masuk ke mode EV atau Electric Vehicle (mode ketika hanya motor elektrik yang bekerja untuk menggerakkan roda, mesin bensin dimatikan) ketika pengendara melakukan akselarasi lembut. Namun di saat tertentu seperti misalnya saat melalui tanjakan, keduanya akan berkerja secara bersamaan untuk memberikan tenaga yang optimal.

Menariknya, baterai yang digunakan oleh motor listrik untuk menggerakkan roda dapat diisi secara otomatis ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi saat mobil dalam mode EV. Tak memiliki ruang untuk melaju dalam kecepatan tinggi? Tak masalah, karena baterai tetap dapat diisi dengan beberapa skenario lainnya. Silahkan kunjungi dealer Nissan terdekat untuk mengetahui lebih lanjut.

Akhir Kata...


Nissan X-Trail
Jadi, Tidak salah bukan jika Nissan All New X-Trail menjadi salah satu pilihan favorit? Desain yang stylish, fitur yang kaya, serta kenyamanan yang baik tentu akan sangat membuat pengemudi merasa senang ketika mengendarainya. Dan bagi anda yang suka berpetualang, tentu mobil ini juga akan jadi pilihan yang tepat karena ia mampu memberikan performa yang cukup tangguh untuk melibas berbagai medan. Segala keunggulan serta fitur yang dimilikinya tersebut menjadikan Nissan X-Trail, mobil SUV tangguh dan sporty terbaik di kelasnya.

PT. Nissan Motor Indonesia selaku produsen mobil bermerek NISSAN menghadirkan juga kendaraan model luxury yaitu INFINITI. Mobil Infiniti menawarkan berbagai kemewahan, kenyamanan, teknologi tinggi dan fitur terlengkap yang akan memanjakan Anda.
Nissan X-Trail

11komentar :

  1. Replies
    1. Dari sisi specs sepertinya beda ya mas..
      Belum pernah membandingkan secara langsung, jadi gak berani bilang bagusan mana :D

      Delete
  2. hmmm lumayan nih. kecepatan paling pol nyampe berapa?
    selama ini sih lebih tertarik mobil eropa. lebih kenceng :D tapi ini lumayan bagus lah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahah, kalo kenceng-kenceng banget juga percuma, lagian kan ini bukan mobil balap :D

      Delete
  3. jadi pengen beli mobil kalau lihat speknya, hmm tapi duitnya mana?
    hihihi

    ReplyDelete
  4. Keren ya desain barunya. Harusnya dari dulu seperti ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, iya mas.. Aku juga suka desain yang baru :D

      Delete
  5. Pantes, ternyata fiturnya keren juga ya. Baru liat videonya, tantangannya boleh juga tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bener-bener ngebantu banget fiturnya, sampai bisa seperti itu :D

      Delete
  6. Kemarin liat di jalan langsung jatuh hati

    ReplyDelete

Mau kasih tanggapan? Yuk komen aja! Komentarnya dimoderasi dulu ya sebelum ditampilkan :)