Milna Bubur Bayi Organik, MPASI Terbaik untuk Si Kecil Usia 6 Bulan Keatas

Opini, motivasi dan review dari Mas Bocah

Mas Bocah

Milna Bubur Bayi Organik, MPASI Terbaik untuk Si Kecil Usia 6 Bulan Keatas

Milna Bubur Bayi Organik, MPASI Terbaik untuk Si Kecil Usia 6 Bulan Keatas - Pemberian makanan padat pada bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ibu perlu memperhatikan beberapa hal seperti usia si kecil, serta makanan seperti apa yang sekiranya cocok untuk dikonsumsi bayi. Pemberian makanan padat pada usia yang terlalu dini dapat menimbulkan gangguan pencernaan bagi bayi karena sistem pencernaan si kecil yang masih sangat rentan dan belum siap menerima makanan padat.

Biasanya, ibu bisa mulai memberikan makanan padat untuk bayi pada saat si kecil memasuki usia 6 bulan, meski pada keadaan tertentu banyak pula yang menyarankan untuk memberikan makanan padat pada usia 4 bulan. Pada tahap awal pengenalan makanan padat tersebut, sangat disarankan bagi ibu untuk memberikan makanan yang lumat dan cair atau makanan yang agak encer dengan tekstur yang halus seperti bubur sari buah (pisang, pepaya atau yang lain) atau bubur yang diformulasikan khusus untuk usia tersebut.

Mengapa hal ini menjadi sangat penting? Karena tentu saja bayi membutuhkan proses adaptasi sebelum dapat sepenuhnya mencerna makanan padat. Namun perlu dicatat pula bahwa makanan padat tersebut hanya merupakan makanan pendamping selain ASI, yang artinya ibu masih sangat disarankan untuk memberikan asupan ASI bagi si kecil.

Tentang Bubur Organik


Salah satu MPASI atau makanan pendamping ASI terbaik yang bisa diberikan untuk si kecil adalah bubur organik. Apa itu bubur organik? Secara garis besar, bubur organik bisa diartikan sebagai bubur yang menggunakan bahan-bahan organik serta proses pengolahan yang higienis. Bahan-bahan organik yang dimaksudkan disini adalah mulai dari proses pertanian yang bebas bahan kimia sintetis seperti misalnya pestisida, pupuk kimia ataupun menggunakan hormon-hormon (rekayasa genetika) tertentu untuk membantu dan mempercepat proses pertumbuhan dari tanaman sehingga akan didapatkan hasil pertanian yang benar-benar alami.

Contoh bahan-bahan organik
Pengolahan dari bahan-bahan organik tersebut juga harus melalui proses yang higienis dan bebas bahan pengawet untuk menjaga keaslian atau kealamian dari produk organik yang akan dihasilkan nanti. Pemberian makanan organik, dalam hal ini pada bubur untuk bayi tentu bertujuan untuk menjaga kualitas makanan bagi bayi agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti yang kita tau, paparan pestisida atau bahan kimia lain yang terlanjur mencemari bahan makanan akan sulit sekali untuk dihilangkan dan bisa berdampak pada gangguan kesehatan, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak khususnya bagi bayi yang notabene masih sangat rentan terhadap hal-hal macam itu.

Maka hal ini tentu saja tidak boleh dianggap remeh oleh ibu. Menurut beberapa sumber yang saya baca, bahan-bahan makanan yang sifatnya organik memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan makanan yang biasa menggunakan rekayasa genetika seperti yang sudah disebutkan diatas. Ditambah lagi dengan fakta bahwa bahan makanan organik memiliki paparan residu pestisida yang nyaris tidak ada, maka bisa dipastikan bahwa makanan organik memiliki manfaat untuk kesehatan yang lebih baik plus meminimalisir resiko gangguan kesehatan ketika dikonsumsi.

Selain dapat mencegah timbulnya efek buruk akibat paparan pestisida yang mencemari makanan karena sifatnya yang alami, pemberian bubur organik sebagai makanan pendamping ASI juga baik untuk melatih kemampuan mengunyah dan menelan makanan padat bagi si kecil. Ibu tidak perlu khawatir jika ternyata ibu tidak bisa atau tidak sempat membuat sendiri bubur organik untuk si bayi, karena kini sudah tersedia produk Milna bubur bayi organik, MPASI terbaik untuk si kecil usia 6 bulan keatas.

Milna bubur bayi organik
Produk oleh Milna ini merupakan bubur bayi organik pertama di Indonesia yang memiliki 2 varian dengan single flavor (satu rasa) yakni varian beras merah dan juga kacang hijau. Makanan dengan single flavor ini sendiri bertujuan untuk memperkecil resiko alergi pada si kecil dan juga agar si kecil dapat mulai mengenali rasa dengan baik.
KACANG HIJAU : Kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi namun memiliki kadar lemak yang rendah. Ia juga memiliki berbagai kandungan mineral penting termasuk kalsium dan fosfor yang baik untuk tulang.
BERAS MERAH : Kandungan serat yang cukup tinggi pada beras merah membuatnya baik untuk pencernaan. Ia juga mengandung magnesium yang merupakan salah satu mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang.
Bubur bayi organik dari Milna
Milna bubur bayi organik

MPASI Terbaik Untuk Si Kecil


Seperti namanya, makanan untuk bayi usia 6 bulan keatas ini mengandung 95% bahan-bahan organik yang bebas pestisida, pupuk kimia serta diolah di pabrik secara higienis tanpa menggunakan bahan pengawet. Bahan-bahan tersebut telah tersertifikasi resmi dan sesuai dengan persyaratan BPOM. Bubur bayi organik ini diperkaya dengan berbagai nutrisi lengkap dan seimbang yang sudah diformulasikan sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Tinggi protein
  • Tinggi zat besi
  • 12 vitamin & 8 mineral
  • Omega 3 & Omega 6
  • Tinggi serat
Berbagai kandungan yang dimilikinya tersebut tentu dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian bagi si kecil agar dapat tumbuh dengan optimal. Maka tidak berlebihan kan jika saya menyebut Milna bubur bayi organik menjadi salah satu makanan pendamping ASI terbaik untuk si kecil? Nah saya harap mulai saat ini ibu bisa mulai lebih kritis dalam memilih makanan untuk bayi. Bubur bayi organik seperti yang sudah saya sebutkan diatas memang patut untuk dijadikan pertimbangan utama sebagai makanan padat pertama bayi untuk pendamping ASI.

Milna, MPASI terbaik untuk si kecil
Sumber gambar : http://agriculturelifestyle.com/blog/saatnya-melirik-sayuran-dan-buah-organik/

25komentar :

  1. Wah cakep nih artikelnya, semoga bisa menang ya sobat

    ReplyDelete
  2. Hmm.. noted, itung2 ilmu kalo nanti uda punya bebi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, iya mbak Ayu.. Semoga cepet dapet momongan ya mbak :D

      Delete
  3. Makanan organik memang baik untuk kesehatan, apalagi untuk bayi yang masih rentan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pokoknya yang alami-alami memang lebih baik.. Meskipun sering kali lebih sulit didapat :|

      Delete
  4. Note juga ah, siapa tau tahun depan nikah.. Hihi :p

    ReplyDelete
  5. Baru tau ternyata organik itu maksudnya yang seperti itu

    ReplyDelete
  6. Pendamping ASI? ASI aja punya pendamping. masa kamu nggak (?)

    Oke, fix... Makanan ini cocok banget untuk anakku, ya.

    (((Anakku)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fix, mbak Nuy udah emak-emak..! Sesuai dugaanku

      Delete
    2. Tidaaakkk..... Aku masih muda!
      MASIH MUDA 😵

      Delete
  7. milna untuk bayi 6bulan keatas ya mas, semoga saya cepat punya bayi ya mas, ini juga istri lagi positif eh dapet artikel ini kayanya bisa buat bekal nantinya,hehe
    terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Waahh selamat ya mas, bentar lagi jadi bapak :D

      Semoga anaknya sehat, dan bisa jadi kebanggaan buat orangtua :D

      Delete
    2. amiin mas, doanya yah biar dilancarkan nanti :)
      semoga bisa bermanfaat juga buat yang lainnya :)

      Delete
  8. tidak ada salahnya nih baca artikel ini,,, mumpung masih muda rajin baca artikel seperti ini agar saat berkeluarga sudah tahu solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya mas.. Jadi, kapan mau nikah? :3

      Delete
  9. Anakku semuanya waktu kecil buat kemilan pake kue dari milna juga, kalau anakmu udah ada belum... eh hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enng... Ntar mak, masi dalam proses :P

      Delete
  10. hebat ya sekarang, MPASI kemasan aja ada yg organik

    ReplyDelete
  11. Artikelnya bagus mas, mudah dipahami. Baru tahu ternyata asupan makanan pada bayi harus disesuaikan dengan kemampuan pencernaannya, salah satu solusinya dengan bubur organik sebagai MPASI. Semoga menang artikelnya mas

    ReplyDelete

Mau kasih tanggapan? Yuk komen aja! Komentarnya dimoderasi dulu ya sebelum ditampilkan :)