The Aurora World Indonesia, Game MMORPG Dari Ciumi

Opini, motivasi dan review dari Mas Bocah

Mas Bocah

The Aurora World Indonesia, Game MMORPG Dari Ciumi

The Aurora World Indonesia, Game MMORPG Dari Ciumi - Kali ini mimin membawa kabar gembira bagi kamu yang merupakan salah satu penggemar game ber-genre MMORPG. Bukan soal kulit manggis yang ada ekstraknya, tapi ini adalah soal hadirnya satu game baru dengan grafik 3D bernama Aurora World. Game besutan Aurora Interactive ini baru saja hadir di Indonesia dengan menggandeng publisher yang bermarkas di Batam yakni CIUMI.

Meski baru hadir di Indonesia, namun tidak sedikit gamer yang sudah mengenal game ini karena sebelumnya memang The Aurora World sudah hadir di beberapa negara lainnya. Dan seperti game ber-genre MMORPG lainnya, tentu saja The Aurora World juga memiliki latar belakang cerita, dan karakter mu akan dapat menjalankan quest atau misi-misi yang akan bisa kamu jalankan sambil menaikkan level. Tentu saja akan ada musuh-musuh yang harus kamu kalahkan dan kamu akan mendapat poin exp (experience) yang kamu butuhkan untuk naik level tiap kali kamu mengalahkan musuh tersebut.

The aurora world Indonesia screenshot
Misi-misi yang dijalankan pun biasanya akan memberikan bonus poin exp tiap kali kamu menyelesaikannya. Tentu saja, semakin besar level pada karakter yang kamu gunakan maka kamu akan dapat mengalahkan musuh yang lebih kuat. Dan seiring dengan berkembangnya level, misi yang harus dijalankan pun akan semakin sulit. Di game ini, kamu akan diberikan 4 pilihan job karakter yakni Warrior, Mage, Witch, dan Alchemist, yang mana pada contoh screenshot diatas adalah job warrior.

Warrior

Job warrior pada the aurora world
Job ini merupakan spesialis petarung jarak dekat dengan membawa senjata pedang besar sebagai ciri khas dari job ini. Ia mempunyai defense dan physical attack (serangan fisik) yang paling tinggi.

Mage

Mage pada the aurora world
Mage merupakan penyihir yang memanfaatkan serangan elemen api atau es untuk mengalahkan musuh. Tentu saja ia merupakan petarung jarak jauh karena ia memiliki defense yang lemah. Namun demikian mage memiliki serangan magic yang sangat kuat sehingga kekuatan mereka tidak bisa diremehkan.

Witch

Keunggulan job witch
Witch merupakan job penyihir yang lain di game ini, namun ia lebih mengkhususkan diri sebagai karakter support. Job ini memiliki skill "ilmu hitam" yang dapat meningkatkan kemampuan serangan dari karakter lain serta melindungi karakter lain dari serangan musuh. Witch juga dapat melakukan summon atau memanggil makhluk dari dunia kegelapan untuk membantu menyerang musuh.

Alchemist

Skill job alchemist
Job ini merupakan karakter support murni di game Aurora World. Ia memiliki skill healing yakni untuk memulihkan status karakter lain serta memberikan buff yang akan meningkatkan kemampuan bertarung dari karakter lainnya. Selain itu Alchemist juga dapat membangkitkan karakter lain yang mati karena serangan musuh.

Nah untuk dapat memilih job yang ada diatas, karakter milikmu harus memiliki minimal level 10. Karena di awal petualanganmu, karakter yang kamu gunakan merupakan penduduk biasa. Tapi kamu jangan khawatir, karena kamu dapat menjalankan quest atau misi tertentu yang akan membantumu untuk mempercepat karaktermu agar mencapai level 10.

Majinn

Karakter yang kamu miliki nantinya juga akan memiliki "partner" yang akan menemani dan membantu karakter utama mu ketika dalam pertarungan. Partnet tersebut disebut dengan Majinn. Ya, Majinn berfungsi layaknya pet dimana ia nantinya juga akan ikut tumbuh serta akan memiliki skill-skill yang bisa dipelajari seiring dengan experience yang kamu dapatkan selama pertarungan. Selain membantu dalam pertarungan, nantinya Majinn juga bisa kamu gunakan sebagai "kendaraan" dengan mode Mount.

Dimana kita bisa mendapatkan Majinn? Cara mendapatkan Majinn di Aurora world bisa dengan beberapa cara. Ia bisa didapat secara acak dari Treasure hunting, drop boss di dungeon atau dari treasure box. Majinn ini sendiri memiliki kategori yang dibedakan berdasarkan elemen yang dimilikinya yakni :
  • Metal : Spesialisasi untuk menyerang target (musuh) single
  • Wood : Spesialisasi untuk recovery atau penyembuhan
  • Water : Spesialisasi untuk memperlambat kecepatan target (musuh)
  • Fire : Spesialisasi untuk menyerang target (musuh) lebih dari satu
  • Earth : Spesialisasi untuk bertahan.
Ketika mencapai level 20, Majinn yang kamu miliki juga dapat berubah fungsi menjadi mount atau bisa dibilang sebagai kendaraan untuk karaktermu.

Pada game The Aurora World ini terdapat 3 Negara (Nation) yang mana tentunya masing-masing nation memiliki map serta tampilan yang berbeda-beda. Di awal permainan, kamu bisa memilih untuk menjadi warga dari salah satu negara yang ada yakni Helios, EOS, dan Selene. Ketiga negara ini memiliki keyakinan dan budayanya masing-masing, dan mereka harus berperang melawan komplotan musuh serta monster yang berkeliaran di sekitar wilayah negara mereka agar negara mereka tetap aman.

Helios

Di negara Helios terdapat pemandangan yang indah yang bisa dilihat dari seluruh penjuru maps pada negara tersebut. Negara ini dipimpin oleh raja yang dibantu oleh asisten raja yang tinggal di dalam istana. Negara ini hidup berdampingan dengan komplotan Black Wind yang tinggal di sekitar wilayah Helios dan mereka sudah berseteru dalam waktu yang cukup lama untuk memperebutkan wilayah yang ada.

EOS

Negara yang terletak di wilayah utara Aurora World ini dipimpin oleh seorang Master Chief yang bijaksana. Di sekitar wilayah mereka terdapat komplotan dari Mystery Wind yang selalu mengganggu kehidupan di negara ini sehingga perselisihan pun tak terelakkan.

Selene

Selene terletak di sebuah pulau yang berada di sebelah timur Aurora World. Wilayah yang dipimpin oleh seorang ratu ini sangat subur sehingga banyak pohon-pohon serta tumbuhan lain yang menghiasi negara Selene. Dan seperti dua negara besar lainnya, Selene pun memiliki musuh yakni Divine Wind yang tinggal di sekitar wilayah mereka.

Masing-masing dari negara ini tentu saja ingin memperluas wilayah mereka, sehingga tidak jarang para pejuang yang berperang ke area yang jauh harus bertemu dengan pejuang lain dari negara yang berbeda. Terkadang masing-masing pejuang ini juga saling membunuh hanya untuk sekedar menunjukkan kekuatan mereka. Ya selain melawan monster dan komplotan musuh yang ada, pada game ini kamu juga bisa bertarung melawan karakter lain yang ada untuk menguji kemampuan karaktermu. Untuk dapat bertarung dengan karakter lain, kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara yakni :

1. Player Kill (PK) Area

Ketika karakter yang kamu miliki sudah memiliki level yang cukup tinggi (minimal level 30), kamu bisa menjelajahi area-area baru yang jauh dari wilayah di negaramu. Area tersebut akan mempertemukan kamu dengan pejuang atau karakter lain dari negara yang berbeda. Karakter dari negara yang berbeda ini bisa saling membunuh ketika bertemu.

2. Nation War

Nation war adalah salah satu fitur dalam game The aurora world yang akan mempertemukan pemain dari masing-masing nation di satu map khusus. Dalam map ini pemain harus menghancurkan patung-patung yang ada serta harus bisa bertahan dari serangan karakter dari nation lain.

3. PvP Arena

Selain dua cara diatas, kamu juga bisa menantang karakter lain untuk bertarung di satu map khusus yakni PvP arena. Di sini kamu bisa menantang atau bertarung dengan karakter dari semua negara yang ada termasuk dari negara yang sama. Ketika bertarung di PvP arena, tidak ada penalty apapun yang akan kamu dapatkan meski akhirnya karaktermu kalah karena memang fitur ini dikhususkan untuk menguji kemampuan masing-masing karakter.

4. Life Skill

Beberapa fitur yang sudah mimin sebutkan seperti misalnya pemilihan job, pemilihan Nation, karakter pendukung (Majinn), PvP, Player Kill dan yang lainnya mungkin sudah kamu kenal. Namun disini kita juga dapat menemukan beberapa fitur lain yang sedikit unik seperti misalnya fitur Life skill atau disebut juga sebagai skill crafting. Seperti namanya, skill ini dapat digunakan untuk memproduksi item tertentu misalnya potion dan equip. Tentu saja kita harus memiliki bahan dasar (collection) untuk dapat membuat item yang kita inginkan.

Yang berbeda adalah dalam menggunakan fitur ini tidak hanya dibutuhkan keberuntungan saja untuk mencapai keberhasilan, tetapi para pemain harus menjaga kestabilan suhu pada tungku yang digunakan untuk menentukan bagus atau tidaknya kualitas dari barang yang dihasilkan. Disini terdapat beberapa macam skill crafting yang bisa dipelajari oleh karakter yakni weapon crafting (senjata), armor crafting (jubah), accessories crafting (aksesori) dan medication crafting (potion).

Fitur Lainnya

Selain fitur-fitur yang tertera diatas, game online yang satu ini juga memiliki berbagai fitur unik lain termasuk event harian, clan, dan juga bot area. Hemm apa yang dimaksud dengan bot area? Fitur yang banyak mengundang pro dan kontra ini memungkinkan pemain untuk melakukan leveling meski kita tidak sedang berada di depan komputer, yang artinya karakter akan melakukan hunting secara otomatis sehingga kamu dapat melakukan aktivitas keseharianmu tanpa takut ketinggalan level.

Wah kalo gitu bakal mengganggu pemain lain yang main secara manual donk? Eits tenang dulu! Seperti namanya, fitur bot hanya akan bisa digunakan pada map tertentu seperti "Seven star Dungeon" sehingga pemain lain tidak akan terganggu. Ketika menggunakan fitur ini, karakter tidak hanya dapat bertarung atau hunting secara otomatis tetapi juga terdapat fitur auto heal, auto repair dan auto revive dan bahkan karakter dapat membeli potion secara otomatis pula.


Persyaratan Minimum Untuk Dapat Menginstal The Aurora World

Nah jika kamu tertarik untuk menginstal game ini, terdapat syarat minimum bagi komputermu agar dapat menjalankan game ini dengan baik :

CPU : Intel Celeron 2.0 GHz / AMD Athlon 1800+
RAM : 512 MB
Graphic card : NVIDIA GeForce 5200 / ATI X1300XT
Hard disk : 8 GB
OS : Windows XP / Vista / 7
Direct X : DirectX 9.0

Tentu saja jika komputermu memiliki spesifikasi yang lebih tinggi akan lebih baik. Nah itulah preview singkat dari game yang diusung oleh Ciumi tersebut. Untuk melakukan pendaftaran, silahkan mampir ke web resminya di aw.ciumi.com

7komentar :

Mau kasih tanggapan? Yuk komen aja! Komentarnya dimoderasi dulu ya sebelum ditampilkan :)